ALL ABOUT WOMAN SIDE











{May 8, 2008}   Kiat untuk Wajah Halus Seketika

Banyak cara untuk mendapatkan kulit halus, mulus, bebas dari noda. Cari informasi selengkapnya sebelum melakukan perawatan. Selain harus aman, ketahui juga prosedur lengkapnya.

     Kini, perawatan wajah sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Menurut dr. Indrawati Widjaja, spesialis kulit Erha Clinic Jakarta, metode dan bahan yang digunakan pun semakin bertambah. Semua metode yang ada, pada dasarnya memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu memperhalus dan meremajakan kulit wajah. Berikut ini beberapa metode yang aman dan sering digunakan untuk mempercantik kulit wajah:

1. Photo Rejuvenation
– Meremajakan kembali kulit wajah, merangsang pertumbuhan kolagen baru sehingga struktur kulit lebih kencang dan pori-pori lebih samar, serta meratakan pigmen yang tak terlalu dalam. Melancarkan aliran darah ke kulit wajah. Zat yang bersifat toksik (racun) jadi lebih cepat diambil darah.
– Dilakukan dengan sinar, laser atau Intense Pulse Light (IPL – penyinaran anti-invasif estetik atau tanpa menyebabkan luka).     
– Perawatan dilakukan selama 20-30 menit.
– Wajah tak akan terlihat kemerahan layaknya seseorang yang melakukan facial. Tergolong cepat menampakkan hasil. Misalnya, perawatan dilakukan pagi, hasilnya akan terlihat malamnya. 
– Tak boleh dilakukan bila kulit wajah sangat sensitif, sedang terluka, atau punya penyakit kanker.
– Tidak ada efek samping. Lakukan setiap 2-4 minggu.

2. Microdermabrasi (micropeel)
– Berguna untuk mengangkat sel kulit mati, flek, dan pigmen di permukaan kulit. Juga memperbaiki pori-pori dan menyamarkannya, dan menghilangkan bekas jerawat yang dangkal.
– Tidak invasif.
– Perawatan dilakukan dengan mengikis lapisan kulit wajah bagian atas secara lembut dengan alat, yang ujungnya mengeluarkan kristal halus.
– Berlangsung 15-20 menit. Setelahnya, kulit wajah mengalami abrasi (pengikisan) ringan, sehingga jadi terbuka. Inilah saat yang tepat untuk menerima zat-zat yang dioleskan, misalnya vitamin C atau losion kolagen.
– Diulang setiap 2-4 minggu.
– Ada pula metode micropeel yang ujungnya dipasangi berlian. Berlian memiliki permukaan yang tajam dan bisa digunakan untuk memotong. Permukaannya dibuat sedemikian rupa sehingga mengikis secara baik dan halus.

3. Fraxel
– Perawatan dengan laser ini efektif memperbaiki tekstur kulit, mengatasi bekas jerawat yang dalam, menghilangkan kerutan halus, serta masalah pigmen, misalnya flek, noda karena penuaan (age spots), melasma (pigmentasi kulit berlebihan, tak teratur, berwarna cokelat kehitaman), dan rosacea (kulit wajah kemerahan).
– Saat perawatan, laser hanya mengenai sel-sel kulit yang rusak saja.
– Terapi berlangsung selama satu jam, termasuk persiapannya.
– Sebaiknya dilakukan setiap sebulan sekali.
– Setelah melakukan fraxel, kulit akan tampak kemerahan selama empat hari, tapi itu adalah reaksi normal.

4. Facial Ultrasonic
– Belakangan, banyak muncul metode facial yang menggunakan gelombang listrik, salah satunya dengan gelombang ultrasound. Gelombang listrik yang digunakan pada perawatan ini menimbulkan efek agak hangat bila diterapkan di kulit dan merangsang aliran darah, sehingga menjadi lancar.
– Dalam jangka panjang, aliran darah yang lancar ini membuat kulit lebih cerah.
– Sama seperti facial biasa, pada facial ultrasonic ini pori-pori kulit wajah juga dibuka untuk mengeluarkan komedo.
– Diulang setiap 2-4 minggu.  

5. Face Lifting
– Mengangkat kulit wajah yang kendur, sehingga jadi kencang kembali.
– Dalam taraf ringan, facelifting dilakukan dengan gelombang listrik yang kadar panasnya bisa disesuaikan. Alatnya ditempelkan ke seluruh wajah atau leher. Untuk taraf ekstrim, dilakukan lewat operasi. Namun, operasi bisa menimbulkan keloid (bekas luka yang menonjol), sehingga kini kalangan medis mulai melirik radio frekuensi.
– Radio frekuensi yang digunakan memiliki setelan otomatis untuk mengubah tingkat kepanasan. Dokter tinggal menyesuaikan dengan kenyamanan pasien, misalnya di tingkat ringan atau sedang. Hasilnya, kolagen menjadi lebih padat, sehingga bisa mengurangi kekenduran kulit.
– Bagi yang takut dioperasi, radio frekuensi merupakan alternatif yang menyenangkan.
– Hasil facelifting bisa bertahan dua tahun.
TREN FACIAL EMAS
    Menurut Indrawati, ada jenis facial yang menggunakan garam-garaman (dengan tingkat kehalusan tinggi), yang mengandung butiran emas untuk dioleskan pada area wajah, setelah di-massage. Penggunaan emas ini berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit sehingga menjadi lebih bersih. Pada metode ini, emas digunakan sebagai bahan, bukan alat.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: